GIPI Minta Pengelola Wisata Perhatikan Masalah Sampah

GIPI Minta Pengelola Wisata Perhatikan Masalah Sampah

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, yang juga Ketua Gabungan Usaha Wisata Tirta (Gahawisri) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana di Denpasar justru mengatakan sampah-sampah tersebut berasal dari sungai dan bukan akibat dari tingginya aktivitas kepariwisataan. Meski demikian, ia tetap mengimbau pengelola akomodasi setempat meningkatkan kepekaan, khususnya untuk permasalahan sampah yang cukup sensitif terhadap perkembangan sektor kepariwisataan disebuah destinasi.

Sampah ini, ini sampah sebenarnya dari sungai, kita lihat kan natural banyak, plastik-plastik ya. Ini bukan dari sini aja, mungkin dari sungai-sungai sekitar. Karena arus, dia sampainya kesini, karena ini ponton, dia nyangkutnya dibawah. Kalau seperti biasa, ini harus dibersihkan sebenarnya. Jadi pengelola ponton, dia harus membersihkanlah," tegasnya. 

Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengaku, pihaknya kerap mendapatkan keluhan dari wisatawan khususnya mancanegara, terhadap keberadaan sampah, yang mengurangi kenyamanan dalam menikmati sebuah destinasi. Kedepan ia kembali meminta pengelola, sebelum membuka lokasi usaha wisatanya, untuk membersihkan sampah-sampah yang mengambang, khususnya dikawasan perairan Nusa Penida.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait