8 Cara Mengurangi Stress di Tempat Kerja

8 Cara Mengurangi Stress di Tempat Kerja

Setiap hari karyawan yang bekerja di kantor dibebani berbagai tugas, mulai dari tugas yang ringan hingga tugas-tugas yang bisa dikatakan berat. Dalam melakukan tugas itu tidak jarang kita merasa stress, entah karena gagal dalam mengerjakan tugas atau karena tekanan yang cukup berat dari atasan yang menuntut kerja cepat.

Menghilangkan stress di tempat kerja merupakan sebuah tantangan tersendiri karena apabila kita sudah bisa menghilangkan stress ini, saya yakin pekerjaan seberat apapun bisa anda kerjakan semaksimal mungkin dengan hasil yang memuaskan.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi stress di tempat kerja anda :

1. Ambil napas dalam-dalam

Ambil napas dalam-dalam sepanjang hari, melalui hidung, dan keluar melalui mulut. Ketika anda bernapas, dalam lubang hidung anda akan merangsang korteks pre-frontal otak. Ini memicu pelepasan hormon yang bisa mengurangi stress seperti dopamin dan serotonin.

2. Lakukan aktifitas fisik

Buat kebiasaan sehat berolahraga seperti berjalan-jalan di sekitar gedung atau beberapa postur yoga duduk yang bermanfaat, selain itu cobalah untuk memberikan waktu setengah jam di kalender Anda dua kali seminggu, untuk mendapatkan darah dan getah bening yang mengalir dalam tubuh baik untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stress.

3.  Berpikir Positif

Cobalah untuk berpikir positif tentang pekerjaan Anda, hindari berpikir negatif tentang  rekan kerja.

4. Dengar Musik kesukaan anda

Dengan mendengar musik kesukaan, anda bisa mengurangi beban stress anda dan membuat anda jauh lebih nyaman saat bekerja. Siapkan music player beserta earphonenya untuk mendengar musik sehingga anda tidak mengganggu teman sekantor anda saat bekerja.

5. Istirahatlah ketika memang anda diharuskan untuk beristirahat

Ketika bekerja umumnya tubuh akan memberikan sinyal-sinyal kepada anda untuk beristirahat seperti : mengantuk, mata pusing, sulit berkonsentrasi, dan lain-lain sehingga ada baiknya anda mengistirahatkan diri anda, kurang lebih 30 menit untuk mencuci muka, ngopi, atau hal yang menyenangkan lainnya sehingga mood anda membaik, tapi  ingat setelah 30 menit anda harus bekerja dan kembali berkonsentrasi.

6. Tertawa

Bacalah berbagai komik lucu atau hal-hal lucu lainnya, ini akan membantu anda yang sebelumnya stress menjadi lebih mood dalam bekerja.

7. Buatlah to-do list (daftar pekerjaan)

Dengan membuat daftar pekerjaan, anda akan tahu pekerjaan apa saja yang akan anda lakukan dan pekerjaan apa saja yang sudah selesai anda lakukan, ini akan lebih efektif bagi anda yang sedang memiliki pekerjaan yang menumpuk.

8.  Rapikan Meja Kerja anda

Mungkin bagi sebagian orang, lebih baik memiliki meja kerja yang berantakan namun ada kalanya anda harus merapikan meja kerja anda karena selain memudahkan anda untuk menemukan sesuatu, meja yang rapi akan membawa suasana yang nyaman bagi anda.

 

Sumber : kerjayuk.com

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait