NASA Meluncurkan Misi Pesawat Antariksa Berawak, Apollo 7

NASA Meluncurkan Misi Pesawat Antariksa Berawak, Apollo 7

Tepat hari ini 11 Oktober 1968 NASA meluncurkan misi pesawat antariksa berawak pertama yaitu Apollo 7.

Apollo 7 adalah misi peluncuran berawak manusia pertama dalam Program Apollo. Misi ini merupakan misi 11 hari mengorbit Bumi, sekaligus juga merupakan peluncuran berawak manusia pertama bagi roket peluncur Saturn IB, dan misi luar angkasa pertama berawak tiga orang dari Amerika Serikat.

Misi ini diluncurkan dari Tanjung Canaveral pada 11 Oktober 1968 dan mendarat kembali pada 22 Oktober 1968. Apollo 7 mengorbit di angkasa selama 10 hari 20 jam 9 menit dan 3 detik, dengan jumlah lintasan orbit sebanyak 163 kali.

Anggota awak kapal ini pada mulanya adalah awak cadangan bagi awak Apollo 1 yang seluruhnya tewas karena terbakarnya kapal tersebut saat akan melepaskan diri dari roket Saturn yang meluncurkannya.

Program diteruskan hingga awal 1970-an untuk melakukan eksplorasi ilmiah di Bulan, dengan total enam pendaratan sukses. Hingga 2006, tidak ada lagi misi luar angkasa berawak yang melebihi orbit bumi rendah. Program Skylab yang dibuat kemudian, dan Proyek Percobaan Apollo-Soyuz menggunakan perlengkapan yang awalnya diproduksi untuk Apollo dan sering dianggap sebagai bagian dari program Apollo.

Di luar keberhasilan tersebut, terdapat beberapa kegagalan besar; salah satu di antaranya mengakibatkan tewasnya tiga astronaut, Virgil Grissom, Ed White dan Roger Chaffee dalam peristiwa kebakaran landasan peluncuran Apollo 1. Ada juga ledakan pada misi Apollo 13 yang hampir menewaskan tiga astronautnya. Pelepasan gas beracun selama masuk kembali ke atmosfer Bumi dalam pesawat Proyek Percobaan Apollo-Soyuz hampir juga menewaskan tiga astronaut lagi.

Arimpranata
Author : Arimpranata

Mempunyai passion dalam bidang investigasi, IT dan menulis. Gus Arim mencoba memberikan warna baru dalam informasi di Kabardewata.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait