Sandiaga Uno Apresiasi Pameran Transformasi Digital

Sandiaga Uno Apresiasi Pameran Transformasi Digital

Presidensi G20 Republik Indonesia menggelar Digital Transformation Expo (DTE) untuk pertama kali dalam sejarah Forum G20. Pameran teknologi digital terkini itu menjadi penanda kolaborasi transformasi digital dalam harmoni bagi negara Anggota G20. 

DTE berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) selama lima hari (13 - 17 November 2022). Pameran transformasi digital ini merupakan puncak dari Digital Economy Working Group. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Digital Tranformation Selasa (15/11/2022). 

Pameran transformasi digital merupakan rangkaian akhir dari Digital Economy Working Group (DEWG).

Sandiaga Uno mengapresiasi pameran transformasi digital yang diinisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

"Keren sekali yang ditayangkan. Dan memang itulah yang akan terjadi di hari akan datang. Jadi saya apresiasi," ungkapnya. 

 Sansiaga Uno mengunjungi enam area expo, mulai dari Entrance, Tunnel of Wonders, Main Area, G20 Synergy, Wall of Collaboration, hingga Metaverse Corner.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada Kominfo yang sudah bekerja sama dengan dunia usaha, di antaranya Meta dan WIR Group.

“Ini sih keren banget. Karena ini cuma sampai hari Kamis, saya masih memikirkan bagaimana bisa menjadi establishment-nya," ujarnya kepada media.

Sandiaga ungkap terkesan dengan ditampikannya lima destinasi super prioritas Indonesia dalam area The Tunnel of Wonders.

Area ini menampilkan Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Usai mengunjungi DTE, Kemenparekraf melalui deputi bidang pemasarannya akan menjalin kerja sama dengan Kominfo dan partner lainnya yang menyajikan transformasi tersebut.

Kita mesti gunakan digital targeting dan segmenting secara marketing untuk memasarkan lima destinasi super prioritas ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Sandiaga turut mengapresiasi Augmented Reality (AR) dan Metaverse yang ditampilkan dalam DTE.

"AR dan Metaverse yang ditampilkan ini akan mendukung program-program penguatan ekonomi kreatif kita. Ini sangat luar biasa dalam menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru di 2023," imbuhnya.

 

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pameran teknologi digital terkini itu menjadi penanda kolaborasi transformasi digital dalam harmoni bagi negara Anggota G20. 

"Sebagai tanda kolaborasi multipihak, dalam Digital Transformation Expo dibangun dinding kolaborasi ditampilkan di akhir pameran. Ini mengakui kontribusi berharga dari semua negara anggota G20, 39 kementerian dan lembaga Indonesia, serta 42 perwakilan industri, sekaligus melambangkan semangat transformasi digital dalam harmoni," ungkapnya dalam Pembukaan DTE di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Minggu (13/11/2022). 

Menteri Johnny menegaskan kehadiran DTE tidak hanya memberikan kesempatan bagi negara-negara untuk bertukar pengetahuan. Lewat pameran itu, sajian teknologi imersif akan membuat semua pihak lebih yakin dengan upaya digitalisasi negara anggota G20,

"Bagi mereka di luar sana yang masih ragu biarkan pameran ini tanpa keraguan dan bagi mereka yang percaya pada manfaat upaya digital, biarkan pameran ini terus menginspirasi langkah mereka. Lebih penting lagi untuk menunjukkan kepada dunia bagaimana komitmen kita dalam membangun kemakmuran di era digital,” tandasnya.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait