24 Desa Wisata di Bali Ikuti "Mai Melali"

24 Desa Wisata di Bali Ikuti "Mai Melali"

Kuta-Forum Komunikasi Desa Wisata Provinsi Bali (Dewi Bali) bersama PT Kirana Bali Wisata menggagas ajang Desa Wisata Festival bertajuk "Mai Melali" pada 27-28 November 2021 untuk menggairahkan kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata dan sekaligus mengenalkan desa wisata.

"Mai" merupakan akronim dari Manusia, Alam, dan Inovasi. Sedangkan Melali, dalam Bahasa Indonesia memiliki arti jalan-jalan atau berlibur. 

Ketika dua kata itu digabung bermakna sektor plesiran Bali bermodal keramahtamahan manusia dan keasrian alam yang dibarengi berbagai inovasi.

Ketua Forkom Dewi, I Made Mendra Astawa menjelaskan, Desa Wisata Festival berlangsung dua hari (27 dan 28 November 2021). 

"Desa Wisata Festival diikuti 24 Desa Wisata, termasuk UKM yang ada di desa, dan UMKM yang kita ajak bersama-sama," ungkapnya kepada wartawan usai pembukaan Desa Wisata Festival di Park23 Creative Hub, Sabtu (27/11/2021).

Mendra mengakui, Mai Melali diikuti Desa Wisata terpilih. Menurutnya, 24 dari 179 Desa Wisata di Bali yang ambil bagian event ini memiliki karakteristik, dan daya tarik kuat. 

Sedangkan untuk pelibatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah representasi upaya menggerakkan roda perekonomian secara bottom up (dari bawah ke atas). 

"Kita sadari ekonomi ini bangkit karena UMKM. Karena industri yang lain belum bergerak dan berbuat banyak karena masalah permodalan," tegasnya. 

Forkom Dewi dalam Mai Melali juga melibatkan industri perhotelan. 

Keterlibatan industri perhotelan disebut menjadi gambaran optimisme kebangkitan kepariwisataan Pulau Seribu Pura. 

"Mereka ingin mengangkat atau bangkit dalam situasi seperti ini. Kalau tidur saja rasanya hotel mereka tidak akan berjalan dengan baik, tetapi ada langkah pelan-pelan. Inilah ajang mereka berpromosi," pungkasnya. 

Event Desa Wisata Festival ini dihadiri Pejabat Fungsional Ahli Perencanaan Utama Bappeda Bali Putu Astawa, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana.

Okantara
Author : Okantara

Sudah melang melintang di dunia media dari lulus kuliah. IB Okantara adalah salah satu founder dari Kabardewata.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait