IHGMA Bali Leaders Talk ke 16, Pemetaan Trend Pariwisata Bali 2024

IHGMA Bali Leaders Talk ke 16, Pemetaan Trend Pariwisata Bali 2024

IHGMA Bali Kembali menghadirkan kegiatan Sharing Session & Leaders Talk yang ke-16 sekaligus melaksanakan acara Member Gathering pada hari Jumat, tanggal 20 Oktober 2023. Member Gathering kali ini di host oleh IHGMA DPC Gianyar, tepatnya berlokasi di SereS Springs Resort & Spa, Ubud – Gianyar.

 Ketua IHGMA DPC Gianyar, Nyoman Prabawa menyampaikan bahwa kegiatan Member Gathering IHGMA Bali berfokus memperkuat eksistensi DPC dengan melakukan kegiatan gathering di masing-masing DPC secara bergantian, dan kebetulan bulan ini DPC Gianyar mendapatkan gilirannya.

 Prabawa menerangkan kondisi tourism recovery khususnya di Kabupaten Gianyar sudah semakin baik secara bertahap dan semoga semakin menguat dan pulih kembali normal di tahun 2024. IHGMA DPC Gianyar berkomitmen dalam mewujudkan Pariwisata Bali menjadi Trans Sector, dengan memberikan kebermanfaatan kepada seluruh stakeholder yang ada, khususnya petani lokal di Gianyar.

Kepala Bidang Organisasi, Kerjasama dan Kelembagaan IHGMA Bali, I Wayan Parka menjelaskan bahwa IHGMA berkomitmen dalam memperkuat SDM baik di tingkat daerah hingga ditingkat cabang. 

"SDM yang berkualitas adalah kunci keberhasilan Bali dalam mewujudkan destinasi yang berkualitas sekaligus bertanggung jawab. Banyak permasalahan kepariwisataan di Bali muncul karena adanya ruang ruang yang masih abu abu, sehingga salah satu solusi yang bisa kami kontribusikan adalah memperkokoh kualitas SDM agar bisa memperkuat produk, pelayanan dan pengelolaan menjadi lebih berkualitas dalam mewujudkan kepuasan wisatawan yang berkelanjutan,"ungkapnya.

 Parka mengungkapkan bahwa kegiatan Member Gathering selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Buleleng, agar terwujud pemerataan dengan menghadirkan tema dan pembicara yang handal serta relevan dengan kebutuhan SDM di Kabupaten tersebut.

Tema acara kali ini adalah Tourism Trends in 2024 : Evolution of Travel and Traveller Behaviour, dengan menghadirkan dua narasumber yaitu 1) I Komang Kariyana (Kelompok Ahli III IHGMA DPD Bali) dan 2) Gegen Sumarjana (Country Manager Booking.Com Indonesia) uangkap Kepala Bidang Pelatihan, Akreditasi dan Sertifikasi, I Made Dwijantara, SE., MM. 

Dwijantara menambahkan bahwa topik ini dipilih karena saat ini para GM sedang mempersiapkan Budget untuk Tahun 2024, tentunya insight terkait kondisi Travel dan Traveller untuk tahun depan sangat dibutuhkan agar bisa memprediksi pencapaian yang rasional untuk ditetapkan pada Tahun 2024. Dan syukurnya respon peserta sangat positif terkait acara ini dan semoga bisa kita getok tularkan untuk Kabupaten lainnya di Bali.

Ketua IHGMA DPD Bali, Dr. Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA  memaparkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sudah mencapai 3.9 juta dibulan September 2023, atau 87% dari target yang telah ditetapkan untuk Tahun 2023 yaitu 4.5 juta wisman. 

Yoga konfiden bahwa Tahun 2023 kita akan melebihi target yang telah ditetapkan, minimal 5 juta wisman sepanjang Tahun 2023. Dan Trends untuk 2024 juga akan tetap menguat walaupun terdapat tantangan dengan adanya perang Hamas dan Israel. Pasar Jepang dan Pasar China diharapkan akan meningkat di Tahun 2024 yang akan berdampak pada penguatan pencapaian target di Tahun 2024. 

"Semoga pemilu bisa berjalan lancar sehingga tidak memberikan dampak negatif pada sector pariwisata yang cukup sentitif dengan gangguan keamanan di dalam negeri,"imbuhnya.

Acara Member Gathering berjalan lancar dan tertib dengan suasana penuh kekeluargaan yang didukung oleh BIPO sebagai sponsor tunggal serta Strategic Business Partner (SBP) yaitu IPB International, Mediteranean, Alaric, Omsa Medic, Light Key, Imoto, Faspay, VHP dan Fibernet, kemudian acara ditutup dengan makan malam bersama yang diringi dengan live musik, ungkap Milka Sitorus Kepala Bidang Humas IHGMA DPD Bali. (selesai)

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait